Beberapa Motif Kemeja Batik yang Populer Di Indonesia

Batik merupakan budaya khas bangsa Indonesia yang indah dan unik. Tidak heran jika banyak orang gemar mengkoleksi produk – produk batik seperti kemeja batik. Selain sebagai koleksi, batik juga sangat apik dibawa sebagai oleh – oleh yang elegan. Motif kemeja batik Indonesia juga sangat beraneka ragam yang juga menggambarkan kebudayaan Indonesia. Ratusan variasi motif btik Indonesia memperkaya kebudayaan. Dengan kemjuan dunia fashion sekarang ini ada beberapa motif batik yang populer dan harus anda ketahui diantaranya adalah:

  1. Motif Batik Keraton
    Awalnya, motif batik keraton sangat eksklusif. Rakyat biasa tidak diperkenankan untuk memakai motif kemeja batik ini karena yang boleh memakai hanya Sultan dan keluarganya saja. Namun belakangan, peraturan tersebut dicabut dan rakyat biasa sudah boleh memakai motif ini. Diantara penyebab eksklusifnya motif ini adalah karena penemu motif awalnya adalah putri-putri keraton Yogyakarta sendiri yang juga masih anggota keluarga Sultan. Sebenarnya, sangat banyak model baju batik yang dimiliki oleh Keraton Yogyakarta, tetapi yang di gambar ini adalah yang paling populer.
  2. Motif Batik Kawon
    Motif batik kawung ini mungkin sangat dikenal oleh kakek-kakek kita sejak dulu. Hal ini disebabkan karena motif ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Dahulu, motif ini hanya boleh dipakai oleh orang-orang kerajaan sebagai kain sarung raja maupun permaisurinya. Motif kawung ini merupakan gambaran dari buah kawung alias buah aren. Sekarang motif ini banyak digemari untuk dibuat kemaja batik.
  3. Motif Batik Pekalongan
    Motif batik ini banyak digemari untuk dibuat kemeja batik. Kebanyakan motif dari pekalongan dipengaruhi oleh kebudayaan-kebudayaan luar yang datang karena faktor perdagangan. Hal ini disebabkan karena letak kota Pekalongan sangat strategis sekali untuk lokasi perdagangan disebabkan mudah dicapai dari segala penjuru. Sebagian motif batik Pekalongan ini didominasi dengan bentuk-bentuk fauna, namun kebanyakan tetap didominasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.
  4. Motif Batik Megamendung
    Motif kemeja batik megamendung ini sangat banyak penggemarnya. Motif yang berasal dari kota Cirebon ini memiliki ciri khas tersendiri dalam membuat motif. Diantara motif yang paling populer bahkan menjadi ciri khas kota Cirebon adalah batik Mega Mendung. Batik mega mendung diisi dengan pola-pola berbentuk awan dengan diberi warna yang gelap seperti biru tua, merah tua, hijau tua dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *