4 Tips Hindari Kerugian Kredit HP Murah

Seiring dengan perkembangan fitur dan teknologi smartphone yang pesat, kredit HP murah pun makin digemari banyak orang. Bisa dikatakan, saat ini, ponsel pintar telah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi sebagian besar orang.

Tidak hanya untuk berkomunikasi, segala aktivitas mulai dari berbelanja, bayar tagihan, streaming beragam tayangan, foto dan videografi, semua bisa dilakukan dalam satu smartphone.  Gonta-ganti HP pun sudah menjadi hal yang lumrah dewasa ini. Sebagian mungkin membutuhkan fitur atau teknologi terbaru untuk menunjang aktivitas, ada juga sebagian lainnya yang sekadar mengikuti tren dan gaya hidup.

Menjamurnya kredit HP murah tanpa DP dan tanpa kartu kredit yang tersedia di berbagai merchant online dan offline tentu memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi konsumen.

Namun, kadang-kadang, karena tergiur dengan kemudahan dan keuntungan ini, banyak konsumen yang tidak memikirkan atau memperhitungkan kerugiannya. Padahal, kredit artinya menambahkan satu lagi beban utang ke dalam cashflow keuangan Anda.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan hal berikut sebelum kredit HP murah, agar terhindar dari kerugian jangka panjang.

  1. Pilih HP dengan spesifikasi yang lengkap

Jika Anda memutuskan untuk kredit HP, pilihlah HP yang sesuai kebutuhan dan lengkap secara spesifikasi. Dengan kata lain, HP tersebut bisa digunakan untuk foto, video, chatting, streaming, memiliki ukuran memori yang lebih besar,  dan lain sebagainya.

HP adalah gadget yang tren teknologinya acap kali berubah dengan cepat, sehingga harga jualnya pun lebih cepat turun. Dengan membeli HP yang lengkap spesifikasinya secara kredit, Anda bisa menggunakan HP tersebut dalam kurun waktu yang lama dan meminimalisasi godaan tren untuk kredit HP baru.

Kemungkinan, harga HP dengan spesifikasi lengkap ini sedikit di atas rata-rata, atau berada di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 5 jutaan. Namun, dengan pilihan tenor 3, 6, atau 12 bulan dan bunga rendah 2,95% yang diberikan Kredivo sebagai penyedia kredit instan online, tentu cicilan per bulannya akan lebih ringan. Anda bisa memilih tenor yang sesuai dengan kapasitas finansial Anda.

  1. Bandingkan harga HP di berbagai merchant online

Agar tidak rugi, Anda perlu mencari tahu dan membandingkan kisaran harga pasar dari HP yang ingin Anda beli. Jangan langsung tergiur dengan harga murah yang jauh dari harga pasar, dan jangan terpaku pada satu merchant online saja. Bisa jadi, nantinya Anda malah akan membayar harga yang mahal.

           

Kredit HP murah biasanya tersedia di berbagai merchant online yang telah bekerja sama dengan lembaga multifinansial penyedia fasilitas kredit instan online, seperti Kredivo.

Telah bekerja sama dengan lebih dari 150 merchant online, 5 diantaranya yang populer adalah Lazada, Bukalapak, Blibli, Shopee, dan Bhinneka, kredit HP murah dengan Kredivo tentunya bisa membuat Anda lebih mudah dalam membandingkan harga.

Anda tinggal mendownload aplikasi Kredivo, lalu daftar akun sesuai dengan instruksi yang tersedia. Setelah mendaftar, Anda hanya perlu menunggu kurang dari 1 x 24 jam untuk proses approval. Ketika disetujui, Anda akan mendapatkan notifikasi serta jumlah plafon kredit yang tertera dalam aplikasi. Kemudian, Anda bisa klik menu “Merchant” dan mulai mencari serta membandingkan harga HP yang ingin Anda beli di berbagai merchant rekanan Kredivo, dan langsung bertransaksi.

Transaksi dengan Kredivo juga berlangsung dengan sangat cepat. Selesai menentukan barang yang akan dibeli di merchant pilihan Anda, pilih metode pembayaran Kredivo. Login ke akun Kredivo Anda, lalu masukkan kode OTP yang dikirim sistem ke nomor HP Anda. Transaksi pun selesai. Mudah sekali kan?

  1. Bandingkan total harga dengan kredit dan tunai

Tidak hanya HP, membeli barang apa pun dengan cara kredit, tentunya akan lebih mahal secara jumlah dibandingkan dengan tunai. Selain bunga, ada biaya lainnya juga yang harus ditambahkan ke dalam total harga.

Namun, harga yang lebih mahal ini tentu sebanding dengan kemudahan yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga tidak perlu menguras tabungan tunai secara langsung. Uangnya bisa Anda simpan untuk kebutuhan lainnya yang lebih primer. Cashflow keuangan Anda juga jadi lebih lancar.

Tingkat suku bunga dan biaya tambahan lain menjadi hal utama yang memengaruhi total harga suatu produk dalam metode kredit. Maka, penting bagi Anda untuk memilih kredit HP dengan bunga, biaya admin dan uang muka, serta biaya tahunan yang rendah, sehingga total harganya nanti tidak terlampau jauh berbeda dengan harga beli tunai, atau kurang dari 40%.

Akan lebih baik lagi jika tidak ada uang muka ataupun biaya tambahan lain, seperti yang ditawarkan Kredivo. Anda hanya perlu membayar harga cicilan HP beserta bunga yang telah disepakati per bulannya.

  1. Cek garansi HP

Garansi HP adalah hal penting yang tak boleh kelewatan untuk dicek saat Anda ingin kredit HP online tanpa kartu kredit. Ada beberapa jenis garansi HP, mulai dari garansi resmi vendor, garansi distributor resmi, hingga garansi toko.

Jika membeli HP dengan cara kredit di merchant online, garansi resmi vendor dan garansi distributor resmi merupakan garansi yang paling aman. Apabila terjadi kerusakan sebelum habis garansi, Anda tinggal membawa dan mengeklaim garansinya ke service center resmi vendor atau distributor yang tersedia di berbagai lokasi. Hindari untuk membeli HP yang menawarkan garansi toko, karena akan sangat menyulitkan Anda nantinya. Selain lokasi toko yang mungkin sulit dijangkau, kemungkinan Anda juga harus mengeluarkan biaya service tambahan nantinya.

Supaya lebih aman, gunakan metode pembayaran dengan Kredivo. Tidak perlu takut mendapatkan barang yang cacat atau tidak sesuai spesifikasi. Dengan Kredivo, Anda bisa melihat kondisi barang terlebih dahulu sebelum membayarnya. Jika memang terjadi kerusakan, Anda bisa mengembalikan dan menukarnya ke penjual sesuai syarat dan kesepakatan yang telah disepakati bersama penjual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *